Satpas Prototype Polresta Banyuwangi Cetak 63 Ribu Lebih SIM Selama 2021

    Satpas Prototype Polresta Banyuwangi Cetak 63 Ribu Lebih SIM Selama 2021
    SIM yang diterbitkan Satpas Prototype Polresta Banyuwangi

    Banyuwangi - Selama tahun 2021 lalu, Satpas Prototype Polresta Banyuwangi Jawa Timur, mencatat telah mencetak Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 63.261 lembar. Tingginya angka pemohon baru dan perpanjangan SIM setiap tahunnya, menandakan indikator kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat terus meningkat. 

    Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Kompol Akhmad Fani Rakhim, merinci ada sebanyak 8.351 pemohon SIM baru dan 45.403 pemohon perpanjangan di tahun 2021. "Tingkat kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas di Banyuwangi terus mengalami kenaikan. Ini merupakan indikasi yang baik tentunya, " katanya. 

    NAGARI.CO.ID
    market.biz.id NAGARI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Meskipun terbilang sangat bagus, namun berdasarkan data jumlah SIM yang dikeluarkan Polresta Banyuwangi pada tahun 2020 masih lebih tinggi. Yakni mencapai 64.743 lembar. Dengan rincian, 10.185 pemohon SIM baru dan 53.949 pemohon perpanjangan. "Banyak faktor yang mempengaruhi, namun berdasarkan data, Banyuwangi masih terbilang tinggi setiap tahunnya. Jika dibandingkan dengan daerah lain, " jelas Kompol Fani, Jumat (07/01/2022).

    Upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas terus dilakukan Satlantas Polresta Banyuwangi. Selain melalui operasi patuh lalu lintas, polisi juga kerap memberikan edukasi di masyarakat. Bahkan pelayanan SIM keliling pun sudah dimaksimalkan menjangkau daerah-daerah desa agar masyarakat mudah menjangkau pelayanan SIM Polresta Banyuwangi. 

    Selain itu, Satlantas Polresta Banyuwangi juga memberikan program gratis Latihan Ujian Praktek SIM (LUPIS). Yaitu sebuah program terobosan dari Satlantas Polresta Banyuwangi khusus untuk para pemohon SIM yang sering gagal. Melalui pra tes ini, Kompol Fani berharap bisa mempermudah pemohon untuk lolos ujian praktek mendapatkan SIM. Menurutnya, bagi mereka yang baru pertama mengajukan permohonan SIM, kebanyakan gagal pada ujian praktek berkendara. 

    Kompol Fani menilai, bolak-balik mengulang ujian acap kali membuat pemohon SIM merasa jengkel. Kemudian memutuskan untuk berhenti, menyalahkan kepolisian seolah mempersulit proses pembuatan SIM. Padahal, uji praktek yang dilakukan merupakan standar ujian di seluruh Indonesia. "Disini, pemohon SIM secara gamblang akan diberitahu apa saja yang membuat gagal. Serta, cara mengatasinya dengan mudah, " paparnya.

    Vixion 2017 Full Modif Keren
    market.biz.id Vixion 2017 Full Modif Keren
    4% Rp 25.000.000
    Beli sekarang!

    Selain latihan, masyarakat yang mengikuti program ini juga dibimbing langsung oleh penguji ujian praktek SIM. Masyarakat juga mendapatkan tips safety riding, sehingga dapat memahami cara berkendara dengan baik dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

    Coaching clinic ujian praktek SIM ini berlaku bagi semua orang yang akan memohon SIM. Baik yang belum pernah melakukan ujian, maupun yang sudah pernah gagal melakukan ujian praktek SIM. "Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri, bisa mendaftar melalui website Satlantas Polresta Banyuwangi atau datang langsung ke lokasi Satpas, " imbuhnya.

    WARTAPARLEMEN.COM
    market.biz.id WARTAPARLEMEN.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Untuk diketahui, materi ujian praktik SIM sebenarnya bisa dipelajari di dalam buku Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2019. Sedangkan materi teori dapat dipelajari di website Korlantas Polri. Kedua materi tersebut bisa didapatkan dan diakses secara online. Ujian SIM terdiri dari dua tahap, tes tulis dan praktik. Kedua ujian tersebut saling berkaitan, untuk memastikan pemohon telah memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor di berbagai situasi dan kondisi.

    Sebagai informasi, jika pemohon SIM di Satpas Prototype Polresta Banyuwangi gagal pada salah satu dari dua tes tersebut, maka harus mengulang setelah masa tenggang, tujuh hari, 14 hari, dan 30 hari. (HR)

    24JAM.CO.ID
    market.biz.id 24JAM.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Hariyono SH

    Hariyono SH

    Artikel Sebelumnya

    Penemuan Dua Mayat Mr X Gemparkan Banyuwangi

    Artikel Berikutnya

    Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Gubernur Jatim...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 183

    Postingan Tahun ini: 3282

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 136

    Postingan Tahun ini: 2541

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 69

    Postingan Tahun ini: 613

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 68

    Postingan Tahun ini: 892

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    wirzalcan verified

    Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid dan Peningkatan Pendapat Warga,Walinagari Sungai Buluh Bagikan Bibit Tanaman Mangga dan Manggis
    Klaim Pendidikan Seksual dalam Konten Media Sosial, Dosen UNAIR: Bukan Kegiatan Seksual dengan Tanggung Jawab
    Dituntut Kepastian Laporan Terkait Kasus Penyerobotan Tanah dan Pemalsuan Surat, Ini Jawaban Kasat Reskrim Polres Bantaeng
    Balasan Surat Pelaksana D.I Batang TerusanK Embali Dibalas LSM AntiK Orupsi Terkait Dugaan Adanya Pelanggaran Dalam Pelaksana Pekerjaan

    Rekomendasi

    ITS Mitigasi Risiko Bencana untuk Tingkatkan Ketangguhan Kota Surabaya
    ITS Dorong Peningkatan Kekayaan Intelektual Melalui Klinik HKI
    Mahasiswi FIB Raih Juara 2 di LANGGAM Indonesia
    Tim Spektronics ITS Rebut Juara di Ajang Chem-E-Car Internasional
    Kadispenad: 51 Anggota NII Deklarasi Kembali ke NKRI di Wilayah Kodam III/Siliwangi

    Ikuti Kami