Okupansi Meningkat, Bandara Banyuwangi Kembali Layani Rute Jakarta-Banyuwangi

    Okupansi Meningkat, Bandara Banyuwangi Kembali Layani Rute Jakarta-Banyuwangi
    Aktivitas di Bandara Banyuwangi

    Banyuwangi - Setelah sempat menurun karena penurunan mobilitas akibat pandemi Covid-19, kini okupansi penerbangan Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya mulai kembali normal. Kini, Bandara Banyuwangi kembali melayani rute Jakarta-Banyuwangi yang setiap hari nya dilayani oleh dua maskapai penerbangan nasional.

    Aksebilitas dari dan menuju Bumi Blambangan kini makin meningkat seiring dengan mulai terkendalinya kasus penularan covid 19 di Indonesia. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, sejak awal pandemi jadwal penerbangan di Banyuwangi tidak teratur. "Alhamdulillah kini sejak 13 Desember 2021 lalu, rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi pergi pulang (PP) mulai dilayani dengan teratur. Setiap hari ada penerbangan. Semoga nanti akan diikuti oleh maskapai lain dan dengan rute yang lain, " katanya, Rabu (15/12/2021).

    Ipuk mengaku, pihaknya sengaja bersurat kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memohon penambahan frekuensi pada rute tersebut. Hal ini seiring terus meningkatnya okupansi penumpang dari maupun ke Banyuwangi. "Kami melihat okupansi maskapai yang melayani rute Jakarta-Banyuwangi selama ini selalu penuh, meskipun jadwalnya tidak teratur. Dari sini, kami lantas bersurat ke pemerintah pusat untuk membantu penambahan maskapai. Alhamdulillah, upaya ini kemudian direspons positif oleh Batik Air. Bahkan, dengan jadwal yang pasti, " terangnya.

    Selain rute Jakarta-Banyuwangi, Ipuk menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang mengusahakan terjadinya penambahan rute Banyuwangi-Denpasar dengan jadwal yang pasti. Sehingga bisa tersedia setiap hari seperti halnya rute Jakarta-Banyuwangi.

    ZONE.CO.ID
    market.biz.id ZONE.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    "Dengan meningkatnya aksesibilitas ke Banyuwangi tersebut, akan menjadi katalisator perekonomian di daerah yang dipimpinnya tersebut. Karena ada kepastian. Orang mau datang dan pulang kapan sudah tersedia terus jadwal penerbangannya. Dunia wisata bisa bergeliat kembali, dunia bisnis juga bisa bergerak lagi, " harapnya.

    Penambahan penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi ini mendapat respon positif dari salah satu penumpang Mohamad Arif. Arif yang kerap melakukan perjalanan bisnis mengaku sangat terbantu adanya rute harian ini. "Sangat senang, jadi kami bisa kapanpun bepergian, tanpa harus transit ke kota lain. Ini sangat menolong kami. Tadi saya naik Batik Air, baik okupansinya, sekitar 60 persen, " katanya.

    KINERJA.CO.ID
    market.biz.id KINERJA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sementara itu, Executive General Manajer PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Banyuwangi Cin Asmoro menjelaskan, Batik Air menggunakan pesawat Airbus A-320 dengan konfigurasi 12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi. "Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 07.10 WIB dan tiba di Bandara Banyuwangi pada pukul 08.50 WIB. Sebaliknya, lepas landas dari Banyuwangi pukul 09.30 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 11.10 WIB, " terangnya.

    Cin menambahkan, Batik Air rencananya akan beroperasi sebanyak empat kali dalam seminggu pada hari Selasa, Rabu, Jumat, dan Minggu. Jadwal tersebut akan mengisi kekosongan penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi oleh maskapai Citilink yang saat ini beroperasi pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu. "Dengan demikian, setiap hari tersedia penerbangan Jakarta-Banyuwangi di Bandara Banyuwangi. Tentu ini semakin memudahkan masyarakat untuk datang melalui Bandara Banyuwangi, " pungkasnya. (HR)

    24JAM.CO.ID
    market.biz.id 24JAM.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Soberi

    Soberi

    Artikel Sebelumnya

    Ruang Rindu, Langkah Dinsos PPKB Guna Menekan...

    Artikel Berikutnya

    Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Gubernur Jatim...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 214

    Postingan Tahun ini: 3313

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 160

    Postingan Tahun ini: 2565

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 90

    Postingan Tahun ini: 634

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 77

    Postingan Tahun ini: 901

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    Muh Hasyim Hanis, SE, S.Pd verified

    Perkuat Persatuan dan Persaudaraan Antara Anggota, Kodim 0719/Jepara Gelar Pertandingan Tenis Meja Untuk Meriahkan HUT RI Ke-77
    Bentuk Karakter Disiplin, Tanggungjawab, Religius dan Sadar Bela Negara Serta Cinta Tanah Air, Danramil 06/Barabai Sampaikan Wasbang
    Dandim 0312/Padang dan Kapolresta Pastikan Keadaan Aman untuk Proses Belajar dan Mengajar di Sekolah
    Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid dan Peningkatan Pendapat Warga,Walinagari Sungai Buluh Bagikan Bibit Tanaman Mangga dan Manggis

    Rekomendasi

    Dikukuhkan sebagai Guru Besar, Prof Hadi Subhan Bahas Hukum Kepailitan di Indonesia
    FISIP dan Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Jalin Kerjasama 
    Pemkab Gelar Forum Konsultasi Publik Soal RDTR Penunjang Kawasan Industri Madura
    Permudah Mobilisasi, KKN ITS Terangi Jalan di Pelosok Tuban
    Wakapolri Bicara Bagaimana Melindungi Dunia Pendidikan dari Paham Radikalisme

    Ikuti Kami