Lakukan Bersih Pantai, Direktur SIKIA : Pantai Bersih Masyarakat Sejahtera

    Lakukan Bersih Pantai, Direktur SIKIA : Pantai Bersih Masyarakat Sejahtera
    Mahasiswa bersama siswa SMA melakukan bersih pantai yang diinisiasi oleh Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Banyuwangi pada Sabtu (26/03/2021). (Foto: Taufan)

    BANYUWANGI– Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) Banyuwangi melakukan bersih pantai dan Focus Group Discussion (FGD) pada Sabtu (26/03/2021). Kegiatan itu berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perikanan dan Kelautan, Pokdarwis dan Sistemiq (NGO) Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sampah pantai di Pulau Santen itu juga mengajak siswa SMA dan mahasiswa di Banyuwangi. 

    Direktur SIKIA Banyuwangi Prof Dr Soetojo mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi lintas sektor. Tujuannya, untuk melestarikan wilayah pantai dan pesisir. Ia menuturkan bahwa pantai sebagai aset penting pariwisata harus dijaga untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir.

    OTOSATU.COM
    market.biz.id OTOSATU.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Jika pantai dan laut kita bersih, wisatawan akan datang, ikan akan berlimpah, dan itu akan bermuara kepada peningkatan income masyarakat kita, ” ungkapnya.

    Sementara itu, Suciyono SSt Pi selaku ketua pelaksana kegiatan mengungkapkan, berdasarkan riset yang ia lakukan pada tahun 2021, ada banyak sampah yang didominasi plastik di Pantai Pulau Santen.  Ia berharap melalui kegiatan ini bisa lebih meningkatkan kesadaran dan semangat masyarakat dalam mengelola sampah, khususnya di daerah pesisir.

    KINERJA.CO.ID
    market.biz.id KINERJA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Karena masalah sampah di pantai dan laut memiliki banyak dampak negatif. Mulai dari ketersediaan ikan bagi nelayan, hingga daya tarik wisatawan. Oleh karena itu mari kita jaga pantai kita supaya tetap bersih dan sehat, ” tuturnya.

    Dalam acara itu juga dilaksanakan FGD bersama warga dan pemerintah setempat. Mengangkat topik Revitalisasi Pesisir Pulau Santen Melalui Program Pengelolaan Sampah Pantai, FGD tersebut menghadirkan beberapa narasumber, seperti perwakilan Sistemiq Yudi Wahyudi ST, dosen SIKIA Banyuwangi, dan Direktur Bank Sampah DLH Agus Supriyadi.

    ZONE.CO.ID
    market.biz.id ZONE.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Melalui FGD ini harapannya mampu menghadirkan solusi berupa program pengelolaan sampah di Pantai Pulau Santen, ” ujar Suciyono.

    Suciyono mengungkapkan, dari FGD tersebut dihasilkan beberapa program yang berkenaan dengan pengelolaan sampah di wilayah Pantai Pulau Santen. Di antaranya adalah program rutin pembersihan sampah, pembentukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) dan penguatan kelembagaan, serta kerja sama antara kelurahan dengan dinas terkait.

    “Saya harap melalui acara hari ini dan program yang akan dilakukan ke depan setidaknya mampu mengurangi sampah di sini. Sehingga ketika dilakukan monitoring lagi, status Pantai Pulau Santen tidak lagi tercemar, ” harap dosen pengampu kuliah Ekologi Perairan tersebut. (*)

    Penulis : Ivan Syahrial Abidin

    Editor : Binti Q. Masruroh

    BANYUWANGI
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Pangdivif 2 Kostrad Tinjau  Pembangunan...

    Artikel Berikutnya

    Curi 13 Ekor Sapi, 5 Orang Sindikat Pecurian...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 183

    Postingan Tahun ini: 3282

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 136

    Postingan Tahun ini: 2541

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 70

    Postingan Tahun ini: 614

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 68

    Postingan Tahun ini: 892

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    wirzalcan verified

    Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid dan Peningkatan Pendapat Warga,Walinagari Sungai Buluh Bagikan Bibit Tanaman Mangga dan Manggis
    Klaim Pendidikan Seksual dalam Konten Media Sosial, Dosen UNAIR: Bukan Kegiatan Seksual dengan Tanggung Jawab
    Dituntut Kepastian Laporan Terkait Kasus Penyerobotan Tanah dan Pemalsuan Surat, Ini Jawaban Kasat Reskrim Polres Bantaeng
    Balasan Surat Pelaksana D.I Batang TerusanK Embali Dibalas LSM AntiK Orupsi Terkait Dugaan Adanya Pelanggaran Dalam Pelaksana Pekerjaan

    Rekomendasi

    ITS Mitigasi Risiko Bencana untuk Tingkatkan Ketangguhan Kota Surabaya
    ITS Dorong Peningkatan Kekayaan Intelektual Melalui Klinik HKI
    Mahasiswi FIB Raih Juara 2 di LANGGAM Indonesia
    Tim Spektronics ITS Rebut Juara di Ajang Chem-E-Car Internasional
    Kadispenad: 51 Anggota NII Deklarasi Kembali ke NKRI di Wilayah Kodam III/Siliwangi

    Ikuti Kami