KODEBA RI Anggap Koordinator IP2TP Genteng Salah Gunakan Wewenang

    KODEBA RI Anggap Koordinator IP2TP Genteng Salah Gunakan Wewenang
    IP2TP Genteng akan dilaporkan ke pihak berwenang karena sewakan lahan

    Banyuwangi - Konsorsium Demokrasi Banyuwangi (KODEBA) RI, anggap koordinator IP2TP wilayah Genteng sudah menyalahgunakan wewenang dengan menyewakan lahan kepada pihak lain. Lantaran hal tersebut KODEBA RI bersurat meminta klarifikasi kepada pihak IP2TP Genteng, Jumat (3/12/2021).

    Dalam surat klasifikasinya, KODEBA RI mempertanyakan tentang dasar sebuah instansi pemerintah menyewakan lahan yang peruntukannya untuk lahan penelitian dan percobaan di bidang pertanian oleh negara yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah terkait.

    JURNALNASIONAL.CO.ID
    market.biz.id JURNALNASIONAL.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Menurut, Hery Wijatmoko S.H., selaku sekretaris KODEBA RI saat dikonfirmasi menuturkan bahwa surat klasifikasinya telah mendapat balasan dari pihak terkait namun hal tersebut justru membuatnya semakin tertarik untuk melanjutkan perkaranya. "Tentang dugaan penyalahgunaan wewenang pada kantor IP2TP Genteng yang berlokasi di Desa Gambiran memang ada jawaban dari koordinator IP2TP. Bahwa itu sudah sesuai dengan petunjuk Permenkeu 115 tahun 2020. Namun, kami yakin bahwa itu kajian hukum  yang salah. Kami akan tetap laporkan masalah ini ke pihak berwenang secara hukum, " ujarnya.

    Menurutnya, yang boleh disewakan atau dikerjasamakan dengan pihak ketiga itu adalah lahan yang belum atau tidak dimanfaatkan oleh negara. Sementara yang disewakan saat ini adalah lahan aktif dan produktif. Bahkan lahan tersebut untuk penelitian tanaman jenis kacang dan ubi. "Apa tidak ada kerjaan sehingga lahan produktif harus disewakan dan kami ingin tahu apa alasannya, " tambah Hery.

    24JAM.CO.ID
    market.biz.id 24JAM.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Masih menurut Hery, lembaganya akan melaporkan hal ini ke pihak yang berwajib. "Kami akan laporkan masalah ini, termasuk BALITKABI Jatim. Karena koordinator IP2TP menyebut bahwa mereka sudah koordinasi dengan BALITKABI Jatim. Ditunggu ya mas laporan kami, karena menurut kajian kami yang boleh disewakan itu adalah yang tidak dapat dimanfaatkan sehingga azas menyewakan ini adalah bermanfaat buat masyarakat dan negara, sesuai pasal 9 di Permenkeu 115/2020 itu, " pungkas Hery.

    Sementara itu Joko Restuono selaku Koordinator IP2TP Genteng, sampai berita ini ditayangkan belum dapat dikonfirmasi. Namun sesuai surat balasan dari klasifikasinya menjelaskan, bahwa penggunaan lahan di instansi IP2TP Genteng sudah sesuai aturan. 

    "Dengan ini kami mengklarifikasi bahwasannya penggunaan lahan di instansi IP2TP Genteng sudah sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan nomor 115/PMK.05.2020 BAB III Pasal B bentuk pemanfaatan BMN yaitu sewa, pinjam pakai, KSP, GGS/BSG, KSPI, KETUPI, menyewakan lahan dilakukan dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan barang milik Negara, belum/tidak digunakan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintah negara, transaksi ini kami sudah berkoordinasi dengan atasan kami Balitkabi Malang, " tulisnya. (HR)

    Hariyono SH

    Hariyono SH

    Artikel Sebelumnya

    Abdullah Azwar Anas Ditetapkan Sebagai Calon...

    Artikel Berikutnya

    Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Gubernur Jatim...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 183

    Postingan Tahun ini: 3282

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 136

    Postingan Tahun ini: 2541

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 70

    Postingan Tahun ini: 614

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 68

    Postingan Tahun ini: 892

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    wirzalcan verified

    Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid dan Peningkatan Pendapat Warga,Walinagari Sungai Buluh Bagikan Bibit Tanaman Mangga dan Manggis
    Klaim Pendidikan Seksual dalam Konten Media Sosial, Dosen UNAIR: Bukan Kegiatan Seksual dengan Tanggung Jawab
    Dituntut Kepastian Laporan Terkait Kasus Penyerobotan Tanah dan Pemalsuan Surat, Ini Jawaban Kasat Reskrim Polres Bantaeng
    Balasan Surat Pelaksana D.I Batang TerusanK Embali Dibalas LSM AntiK Orupsi Terkait Dugaan Adanya Pelanggaran Dalam Pelaksana Pekerjaan

    Rekomendasi

    ITS Mitigasi Risiko Bencana untuk Tingkatkan Ketangguhan Kota Surabaya
    ITS Dorong Peningkatan Kekayaan Intelektual Melalui Klinik HKI
    Mahasiswi FIB Raih Juara 2 di LANGGAM Indonesia
    Tim Spektronics ITS Rebut Juara di Ajang Chem-E-Car Internasional
    Kadispenad: 51 Anggota NII Deklarasi Kembali ke NKRI di Wilayah Kodam III/Siliwangi

    Ikuti Kami