Dapat Dukungan KMB, Warga Pakel: Copot Kapolresta Banyuwangi

    Banyuwangi - Perjuangan warga Rukun Tani Sumberejo Desa Pakel, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terus berlanjut. Terbaru, viral di medsos sebuah rekaman video kalangan emak-emak Rukun Tani Sumberejo Desa Pakel lantang menyuarakan agar Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu dicopot dari jabatannya. 

    Sebelumnya, masyarakat Banyuwangi sempat dibuat tercengang dengan postingan rekaman video di akun Instagram milik Walhi Jatim. Dari rekaman tersebut terlihat jelas beberapa warga Pakel menceritakan telah terjadi tindak kekerasan fisik yang dilakukan aparat kepolisian bersama petugas keamanan PT Bumi Sari terhadap beberapa warga Pakel. Bahkan, salah satu dari warga Pakel yang terlihat di dalam video sedang mengalami luka dibagian kepala dengan darah masih ngalir. Menurutnya, luka tersebut akibat hantaman popor senjata api milik anggota kepolisian.

    Perjuangan Rukun Tani Sumberejo tidak hanya di Banyuwangi. Di Jakarta juga menggelar upaya serupa menyerukan penuntasan konflik lahan di wilayah Desa Pakel. Di balik perjuangan warga Pakel, ada Wahana Lingkungan Hidup atau Walhi yang membantu mereka.

    Selain mendapat pendampingan dari Walhi Jatim, perjuangan warga Desa Pakel saat ini malah mendapat dukungan dari Kaukus Muda Banyuwangi (KMB). Dukungan KMB ini disuarakan langsung oleh Ketuanya yaitu Fajar Isnaini, Sabtu (29/01/2022). Fajar Isnaini melontarkan dukungan itu secara terbuka di media sosial. "KMB minta aparat terkait baik itu Propam Polri atau Komnas HAM segera mengusut tuntas kekerasan terhadap warga Pakel, " serunya.

    READ.CO.ID
    market.biz.id READ.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Mengapa Kaukus Muda Banyuwangi kemudian mendukung perjuangan warga Rukun Tani Sumberejo Desa Pakel? Fajar Isnaini membeberkan landasannya. "Indonesia ini negara hukum, apalagi terhadap wong cilik. Karena ini diduga melibatkan aparat, tentu tidak bisa dibiarkan dan dibenarkan, " ujar Fajar Isnaini.

    Masih banyak cara santun dan terhormat untuk menuntaskan masalah konflik lahan di Desa Pakel. Bukan brak bruk melakukan tindak kekerasan terhadap warga. "Kami berharap ada investigasi yang mendalam agar segera terbuka tabir ini. Propam dan Komnas HAM harus hadir agar kejadian ini tidak terulang. Ingat, kuasa bahkan seragam mereka (aparat) dibeli dari pajak yang rakyat bayarkan, " tegas Ketua KMB.

    OPINIPUBLIK.ID
    market.biz.id OPINIPUBLIK.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Banyuwangi Jatim
    Soberi

    Soberi

    Artikel Sebelumnya

    Salah Satu Kegagalan Nasrun Pimpin Polresta...

    Artikel Berikutnya

    Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Gubernur Jatim...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 183

    Postingan Tahun ini: 3282

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 136

    Postingan Tahun ini: 2541

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 70

    Postingan Tahun ini: 614

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 68

    Postingan Tahun ini: 892

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    wirzalcan verified

    Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid dan Peningkatan Pendapat Warga,Walinagari Sungai Buluh Bagikan Bibit Tanaman Mangga dan Manggis
    Klaim Pendidikan Seksual dalam Konten Media Sosial, Dosen UNAIR: Bukan Kegiatan Seksual dengan Tanggung Jawab
    Dituntut Kepastian Laporan Terkait Kasus Penyerobotan Tanah dan Pemalsuan Surat, Ini Jawaban Kasat Reskrim Polres Bantaeng
    Balasan Surat Pelaksana D.I Batang TerusanK Embali Dibalas LSM AntiK Orupsi Terkait Dugaan Adanya Pelanggaran Dalam Pelaksana Pekerjaan

    Rekomendasi

    ITS Mitigasi Risiko Bencana untuk Tingkatkan Ketangguhan Kota Surabaya
    ITS Dorong Peningkatan Kekayaan Intelektual Melalui Klinik HKI
    Mahasiswi FIB Raih Juara 2 di LANGGAM Indonesia
    Tim Spektronics ITS Rebut Juara di Ajang Chem-E-Car Internasional
    Kadispenad: 51 Anggota NII Deklarasi Kembali ke NKRI di Wilayah Kodam III/Siliwangi

    Ikuti Kami