Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Banyuwangi Serahkan Sampah Medis

    Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Banyuwangi Serahkan Sampah Medis

    Banyuwangi – Guna menjaga lingkungan hidup ekosistem hayati dan kesehatan lingkungan, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, M.H., M.Tr.Hanla, memerintahkan Pjs. Kepala BP Lanal Banyuwangi Lettu Laut (K) drg. Abdul Hadi untuk melakukan pengangkutan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3) medis yang mulai menumpuk di Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi Jl. Raya Situbondo No. 54 Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (07/02/2022).

    REPORTER.CO.ID
    market.biz.id REPORTER.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sampah yang dihasilkan di rumah sakit disebut sebagai limbah medis, baik infeksius maupun tidak. Proses pengelolaan limbah medis tidak serta merta dibuang ke tempat sampah hingga berujung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Danlanal mengatakan, untuk mencegah dampak negatif kesehatan lingkungan medis yang aktif beroperasi setiap harinya di Balai Pengobatan Lanal Banyuwangi, harus rutin melakukan pengangkutan dengan cara yang benar, untuk dimusnahkan dengan pengapian minimal 800 derajat celcius ke pihak yang telah ditunjuk oleh Dinkes Kabupaten Banyuwangi.

    "Sesuai arahan Menteri LHK Ibu Siti Nurbaya, dalam penanganan kesehatan lingkungan terkait limbah B3 medis untuk fasilitas pelayanan kesehatan yang sedang beroperasi penanganan Covid-19 dengan syarat limbah medisnya dimusnahkan menggunakan insinerator suhu 800 derajat celcius, " pungkasnya.

    READ.CO.ID
    market.biz.id READ.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Sementara itu Pjs. Kepala BP Lanal Banyuwangi mengatakan, limbah medis ini diambil setiap tiga bulan sekali atau apabila tempat penampungan yang ada di BP Lanal Banyuwangi sudah penuh. Adapun tujuan pengambilan limbah medis ini untuk mengurangi sampah Infeksius seperti limbah vaksin, limbah antigen dan limbah tindakan medis lainnya. Pasalnya, sampah medis tidak bisa dibuang di sembarang tempat karena sampahnya bisa menyebabkan penyebaran penyakit.

    WARTAPARLEMEN.COM
    market.biz.id WARTAPARLEMEN.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    "Selanjutnya limbah medis tersebut dibawa ke pihak ketiga yang sudah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi untuk dimusnahkan. Kerjasama BP Lanal Banyuwangi dengan pihak ketiga ini sudah dilaksanakan semenjak dua tahun yang lalu, sesuai dengan surat perjanjian kerjasama pengangkutan limbah B3 Medis Nomor 049/SSS/MOU/VI/2020, " imbuhnya.

    Latte espresso steamed milk
    market.biz.id Latte espresso steamed milk
    20% Rp 4.000
    Beli sekarang!

    Selesai pelaksanaan pengambilan limbah medis (LB3) di BP Pengobatan Lanal Banyuwangi dilanjutkan penyemprotan desinfektan di ruang penyimpanan limbah medis tersebut. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pjs. Ka BP Lanal Banyuwangi Lettu Laut (K) drg. Abdul Hadi didampingi oleh Paramedis Tim Kesehatan Lanal Banyuwangi serta dalam pengawasan Staf intelijen dan Detasemen Pomal Lanal Banyuwangi.

    Banyuwangi Jatim
    Suhardi

    Suhardi

    Artikel Sebelumnya

    Bupati Banyuwangi Resmikan Pasar Cunduk...

    Artikel Berikutnya

    Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Gubernur Jatim...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 183

    Postingan Tahun ini: 3282

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 136

    Postingan Tahun ini: 2541

    Registered: May 25, 2021

    Narsono Son

    Narsono Son verified

    Postingan Bulan ini: 70

    Postingan Tahun ini: 614

    Registered: Jul 9, 2020

    Siswandi

    Siswandi verified

    Postingan Bulan ini: 68

    Postingan Tahun ini: 892

    Registered: Jul 11, 2020

    Profle

    wirzalcan verified

    Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid dan Peningkatan Pendapat Warga,Walinagari Sungai Buluh Bagikan Bibit Tanaman Mangga dan Manggis
    Klaim Pendidikan Seksual dalam Konten Media Sosial, Dosen UNAIR: Bukan Kegiatan Seksual dengan Tanggung Jawab
    Dituntut Kepastian Laporan Terkait Kasus Penyerobotan Tanah dan Pemalsuan Surat, Ini Jawaban Kasat Reskrim Polres Bantaeng
    Balasan Surat Pelaksana D.I Batang TerusanK Embali Dibalas LSM AntiK Orupsi Terkait Dugaan Adanya Pelanggaran Dalam Pelaksana Pekerjaan

    Rekomendasi

    ITS Mitigasi Risiko Bencana untuk Tingkatkan Ketangguhan Kota Surabaya
    ITS Dorong Peningkatan Kekayaan Intelektual Melalui Klinik HKI
    Mahasiswi FIB Raih Juara 2 di LANGGAM Indonesia
    Tim Spektronics ITS Rebut Juara di Ajang Chem-E-Car Internasional
    Kadispenad: 51 Anggota NII Deklarasi Kembali ke NKRI di Wilayah Kodam III/Siliwangi

    Ikuti Kami